Sabtu, 10 Desember 2011

Kalender Jawa dan Fenomena Alam

 
Penulis ingin menceritakan bahwa sistem kalender Jawa mempunyai hitungan yang sangat tepat bila dihubungkan dengan fenomena lama seperti Gerhana Matahari, Gerhana Bulan dan fenomena alam lainnya.
Misalnya kemaren tanggal 9 Desember 2011 yang jatuh pada Naptu Jawa (hitungan Jawa) Sabtu Wage yang pada jam 21.23 hingga 21.57 terjadi Gerhana Bulan Total.
Sabtu wage, uraiannnya adalah Sabtu disebut sebagai tanah yang bisa dipadankan juga dengan bulan dan wage mewakili warna hitam atau gelap. Kemaren menunjukkan "bulan yang hitam" akibat adanya gerhana bulan dimana Bumi menutupi Bulan dari Cahaya matahri yang ada. Atau dengan kata lain Bulan - Bumi dan Matahari berada pada garis lurus. Peristiwa yang terjadi 4 tahun sekali. Keistimewaan malam kemaren juga ditambah dengan turunnya hujan diseantero Jabodetabek.
Istimewanya Gerhana Bulan (juga Matahari) makanya dalam syareat Islam diberi tanda pengingat dengan disunahkannya laku sholat Gerhana dua rakaat.

Hal lain, dulu saat pernah terjadi Gerhana Matahari, dapat dipastikan kejadiannya jatuh pada Hari Senin Wage. Artinya hari Senin itu mewakili Matahari tapi berada dalam posisi Wage, Gelap, ya karena memang ada Gerhana matahari.
 Itulah sekelumit uraian dari hitungan kalender Jawa yang mungkin sudah mulai dilupakan.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar